Sandiaga Uno Mewajibkan Menyediakan 5 Hal Ini Untuk Pemilik Homestay

siderealgaming – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan, homestay harus memiliki lima elemen untuk mendukung percepatan pemulihan industri pariwisata.

Sandiaga Uno Mewajibkan 5 Hal Ini Untuk Para Pemilik Homestay

“Homestay punya lima kebutuhan khusus. Pertama, linen (sprei) dan handuk harus putih. Kedua, harus ada WiFi. Ketiga, kamar mandi bersih dengan shower. Keempat, opsi untuk mendapatkan. TV, “Menparekraf Sandiaga Uno. Disampaikan dalam seminar bertajuk “Melalui Pembiayaan Homestay untuk Membuka Potensi Pariwisata” yang dilansir ANTARA, Kamis (25/3/2021).

Hal kelima dan terakhir yang harus dilakukan oleh homestay adalah menyediakan produk ekonomi kreatif alternatif untuk makan malam atau sarapan bagi wisatawan.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan: “Ini suatu keharusan, karena tamu biasanya bepergian ke luar saat makan siang.”

Sandiaga mengatakan, Kemenparekraf telah mengembangkan program bantuan insentif pemerintah (BIP). Salah satunya akan digunakan untuk mengembangkan bisnis homestay di Indonesia.

BIP adalah program yang dirancang untuk memberikan tambahan modal kerja dan / atau investasi aset tetap bagi pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Khusus bagi wisatawan atau keluarga angkat, akan diberikan bantuan berupa modal kerja untuk meningkatkan daya tampung wisatawan.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan: “Yang Belum menggunakan seprai putih, yang tanpa WiFi, yang Showernya tanpa air panas. Kami dapat meningkatkan ini melalui kemampuan para pelaku komersial.”

Ia menambahkan, prosedur BIP juga bisa digunakan untuk membayar tenaga kerja dan biaya lainnya.

Selain penyaluran BIP, pemerintah juga telah menjalin program public private partnership dengan pihak swasta salah satunya mendapatkan layanan pembiayaan homestay khusus dengan PT Sarana Multigriya Finansial (SMF).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *