Berwisata Alam Diprediksi Jadi Tren Baru Wisata Di Tengah Pandemi

siderealgaming – Taufik Nurhidayat, Koordinator Pemasaran Pariwisata Wilayah I Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, mengatakan aktivitas di destinasi wisata alam akan menjadi tren saat pandemi. Tren ini sebelumnya telah diprediksi oleh para ahli di bidang pariwisata melalui diskusi kelompok dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Berwisata Alam Diprediksi Jadi Tren Baru Wisata Di Tengah Pandemi

“Kami sebelumnya telah mengundang para ahli dan ahli di bidang pariwisata untuk diskusi kelompok. Selain tren akomodasi, diharapkan perjalanan alam selanjutnya seperti petualangan, kunjungan ke atraksi geografis, rehabilitasi dan kegiatan luar ruangan juga akan menjadi tren selanjutnya di Indonesia. forum. ”Taufik baru-baru ini mengatakan kepada ANTARA.

Ia berharap pelaku industri pariwisata Indonesia juga bisa melihat tren ini dan bersiap menghadapinya. “Mudah-mudahan teman-teman di industri pariwisata bisa melihat tren di sana. Kalau ada arahannya apa yang akan disiapkan, karena wisatawan juga memilih keselamatan.”

Lebih lanjut Taufik mengatakan, saat ini pihaknya dan para pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif sudah mulai melakukan berbagai tindakan untuk merevitalisasi industri pariwisata Indonesia, salah satunya dengan mengajak masyarakat untuk mengunjungi tempat wisata terdekat dengan tempat tinggal untuk berlibur maupun sambil bekerja (staycation dan workcation).

“Langkah kami sudah membuat terobosan. Sekarang, kami lebih berkomitmen untuk jalan-jalan, atau lebih akrab dengan tempat tinggal. Di era pandemi, bagaimana kami terus melakukan promosi, pemasaran dan olah raga. Pakar dan ahli mengatakan di fase pertama ini staycation, atau berwisata di tempat-tempat sekitar,” kata Taufik.

“Misalnya staycation seperti di hotel, tapi bagaimana wisatawan tetap melakukan aktivitas lain, seperti bekerja atau aktivitas lain dari sana. Ke depan destinasi / hotel bisa menyediakan tempat kerja dan sarana tentunya melalui penerapan protokol kesehatan. “Dia menambahkan.

Selain staycation dan workcation, bepergian bersama keluarga juga menjadi tren dalam perjalanan, dan tren ini semakin akrab selama pandemi.

Taufik menilai road trip sangat menarik bagi keluarga karena tidak harus berkelompok, melainkan hanya di lingkungan keluarga yang aman untuk satu sama lain.

Tak hanya itu, dalam waktu dekat, travelling sendirian juga diprediksi bisa menjadi trend wisata.

Dia menjelaskan: “Pola perjalanan juga nantinya berubah, dari yang awalnya bergerombol, lebih ke arah FIT atau free individual travelling. Atau kalau pun bersama, biasanya dengan keluarga, melakukan kegiatan road trip di satu mobil,”

Taufik berharap kampanye baru dalam pandemi tersebut dapat mendorong tiga aspek inti industri pariwisata yaitu yaitu pergerakan, lama tinggal, dan terjadinya transaksi (spending) bagi pelaku UMKM di sekitar tempat wisata.

Taufik mengatakan: “Harapannya nanti UMKM sudah mulai menjual. Karena inti dari pariwisata adalah pertama pergerakan, kedua lama tinggal, dan yang ketiga adalah spending. UMKM yang menjual suvenir dan lainnya di sekitarnya akan terangkat,”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *